Jumat, 27 November 2020

BELAJAR DARI KEGAGALAN

 

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 16

Resume Pelatihan 23

Pemateri           : Sigit Suryono, S.Pd., M.Pd 

Moderator        : Aam Nurhasanah

Inspirator         : Om Jay 


Pada pertemuan ke-23 malam ini yang bertepatan dengan peringatan hari guru nasional, peserta kelas mendapat kado seorang narasumber hebat yang akan berbagi ilmu.  Narasumber tersebut adalah Bapak Sigit Suryono, S.Pd., M.Pd yang merupakan seorang guru hebat dari SMP Negeri 1 Wonosari, Gunungkidul provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pria kelahiran Sleman pada tanggal 20 Nopember 1976 ini adalah merupakan ketua MGMP mata pelajaran IPA SMP se Kabupaten Gunungkidul dan juga merupakan Duta Rumah Belajar Kemdikbud.

Sebelum memberikan materi tentang motivasi berprestasi dan pengalaman mengikuti acara apresiasi guru dan kepala sekolah dari kemdikbud, Pak Sigit terlebih dahulu menyampaikan ucapan selamat hari guru nasional kepada seluruh anggota kelas. Harapan beliau semoga kita para pendidik akan semakin maju dan jaya dalam pembelajaran ke depannya.

Memiliki orang tua yang berprofesi sebagai guru membuat Pak Sigit mendapat didikan, bimbingan dan pengawasan yang sangat disiplin dalam hal belajar. Hal ini membuat beliau selalu mendapat prestasi yang gemilang di kelas. Selama Pak Sigit duduk di bangku Sekolah Dasar, rangking pertama selalu dalam genggamannya. Namun hal itu sangat bertolak belakang ketika beliau bersekolah di SMP dan SMA, rangking pertama sangat sulit untuk diperolehnya, bahkan beliau lebih sering mendapat peringkat di atas 20 bahkan pernah mencapai 40. Masa itu adalah merupakan masa yang sulit bagi Pak Sigit dalam meraih prestasi. Walaupun demikian persahabatan beliau di masa SMP masih sangat membekas sampai saat ini, dimana persahabatan yang tidak mengenal rangking dan keberadaan status sosial.

Kegagalan terus menghampiri Pak Sigit. Saat beliau kuliah S1 Pendidikan Fisika di Universitas Negeri Yogyakarta diselesaikannya dalam waktu 7 tahun. Waktu itu adalah merupakan ambang batas kegagalan (DO) untuk program S1, bahkan beliau pernah mendapat IPK 1,28. Dulu semasa saya kuliah, kami menyebutnya dengan istilah nasakom (nasib satu koma). Semangat belajar Pak Sigit masih berkobar sebenarnya, ini dapat dibuktikan dengan begitu selesai S1 beliau langsung melanjutkan S2 dan mengambil jurusan Teknologi Pembelajaran. Di era inilah beliau merasakan menjadi orang hebat, karena mampu menyelesaikan studinya dalam waktu 33 bulan dengan IPK 3,8 dan menyandang predikat cumlaude. Kesuksesannya ini merubah cara pikir dan cara pandangan beliau tentang pendidikan dan perjuangan.

Kegagalan dimasa sekolah sampai kuliah S1 benar-benar membekas di hati Pak Sigit sehingga mempengaruhi cara mengajarnya di sekolah. Beliau termasuk orang yang tidak membeda-bedakan anak karena prestasi akademik, beliau malah cenderung sebagai motivator bagi peserta didik karena pahitnya pengalam hidup. Akhirnya Pak Sigit menemukan motivasi diri bahwa "orang akan sukses jika dia fokus dan senang dengan apa yang dikerjakannya", dan "orang akan sukses juga jika bisa fokus pada bidang yang dia tekuni dan mampu melakukan inovasi secara terus menerus".

Setelah memasuki dunia kerja sebagai seorang pengajar dan pendidik di SMPN 1 Wonosari pengalaman Pak Sigit tentang cara meraih sukses semakin bertambah. Beliau sering melakukan kolaborasi dengan peserta didiknya untuk melakukan riset tentang pembuatan media, maupun tentang berbagai model pembelajaran. Akhirnya dari pengalamannya tersebut, Pak Sigit mulai bangkit dan mencoba mengikuti beberapa event sampai akhirnya mencapai kesuksesan seperti sekarang ini.

Lumayan panjang perjuangan yang dilalui oleh Pak Sigit untuk mencapai puncak ke gemilangan. Dimana beliau mengawalinya pada tahun 2006 saat pertama kali mengikuti kompetisi simposium tingkat Propinsi DIY. Padahal beliau mengikuti kegiatan ini secara tidak terencana karena posisi beliau hanyalah sebagai pengganti dari guru di sekolahnya yang mengundurkan diri. Namun demikian Pak Sigit tidak menyia-nyiakan kesempatan yang sangat baik ini untuk “belajar”, karena peserta simposium adalah perwakilan orang-orang hebat seperti pengurus MGMP disemua mata pelajaran.

Dalam simposium ini Pak Sigit hanya mampu masuk peringkat terakhir dari semua peserta lomba untuk mata pelajaran IPA. Dapat dimaklumi karena beliau hanyalah peserta pengganti. Saat kegiatan berlangsung beliau banyak membuat catatan-catatan kecil tentang bagaimana orang berbicara, presentasi, menyampaikan ide dan pemikiran serta gagasan ilmiah dalam sebuah simposium. Dari pengalaman ini membuat Pak Sigit menjadi langganan untuk mengikuti berbagai lomba tingkat nasional di tahun-tahun berikutnya. Ada tujuh kali lomba yang beliau ikuti sebelum guru berprestasi di tahun 2015.

Jika menemui kegagalan dalam suatu event perlombaan, beliau selalu mencatat apa penyebab dari kegagalan tersebut. Tak satupun yang luput dari catatan beliau baik itu dari sisi presentasi, fokus presentasi, cara presentasi, membuat presentasi yang efektif, dan sebagainya sampai akhirnya beliau menemukan formula tersebut. Dan Alhamdulillah sejak tahun 2015 sampai tahun 2020 setiap event lomba yang beliau ikuti selalu meraih hasil sesuai dengan harapan.

Tahun 2011 adalah merupakan tahun pertama Pak Sigit bertemu dengan Omjay dan mas Agus Sampurna dalam acara event Evaluasi pelaksanaan Rumah Belajar di Bogor. Saat itu beliau belum mempunyai banyak catatan portofolio yang tersusun rapi, tapi beliau telah memiliki banyak blog karena memang sejak tahun 2005 Pak Sigit mengajar blog di sekolahnya. Dari pertemuan dan percakapan dengan Om Jay itu lah beliau mempunya keingian untuk memiliki web yang digunakan untuk mencatan seluruh aktifitas yang bisa dijadikan portofolio perjalanannya sebagai pendidik, peneliti, pengembang media pembelajaran, dan lain sebagainya.

Maka di tahun 2012 beliau akhirnya memiliki seluruh catatan aktifitas ilmiah yang dicatat pada web dengan link yaitu http://www.ciget.info. Web inilah yang mengantarkan beliau bisa meraih mimpi menjadi juara 1 guru berprestasi di tahun 2015, kemudian menjadi Duta Rumah Berlajar terinteraktif tahun 2018, Duta Sains PPPPTK IPA, Sarjana Adi Manggala Bidang Pendidikan dari UNY dan terakhir adalah menjadi Guru Inovatif SMP Tahun 2020.

Adapun kunci keberhasilan Pak Sigit dalam meraih prestasi tersebut adalah:

1. Fokus,

2. Senang meneliti,

3. Mencatat semua aktifitas ilmiah di Blog

Sebagai seorang guru tentunya Pak Sigit tidak mengabaikan tugasnya dalam pembelajaran. Mengampu mata pelajaran sains tentulah tidak mudah, karena banyak sekali peserta didik yang tidak berminat dengan mata pelajaran yang satu ini. Agar pembelajaran sains bisa diminati bahkan dicintai oleh peserta didik maka seorang guru haruslah menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dengan cara membelajarkan dari lingkungan di sekitar anak, sering melakukan pembelajaran dengan beraneka model, kadang praktikum, kadang menggunakan Model Pembelajaran Inquiri, kadang menggunaan android, dan lain sebagainya sehingga pembelajaran tidak monoton. Artinya sebagai seorang pendidik tetaplah melakukan inovasi dalam pembelajaran agar dapat dicintai oleh peserta didiknya.

Pak Sigit mengingatkan kepada kita semua agar selalu bekerja sama dengan orang lain dan membagikan ilmu kepada orang lain. InsyaAllah ilmu yang dibagikan tersebut akan berkah. Prestasi yang diraih bukanlah suatu tujuan namun prestasi akan didapatkan oleh setiap orang yang telah bekerja dengan maksimal dan terus berusaha memperbaiki diri setiap saat. Prestasi yang paling utama bukan ditunjukkan oleh predikat-predikat yang disandang, tapi prestasi yang hakiki adalah bagaimana kita bisa menjadi sosok yang bisa menginspirasi peserta didik sehingga suatu saat meraka akan sukses dalam bidangnya masing-masing. Diakhir pertemuan Pak Sigit juga berpesan agar kita teruslah belajar, berkolaborasi, dan berbagi, serta terus mengembangkan blog dengan menulis setiap hari karena hal itu menunjukkan bahwa kita sudah berinovasi.

2 komentar:

  1. Mantap Bu...bahasa dan tulisannya enak di baca.👍

    BalasHapus
  2. Mantap Bu...bahasa dan tulisannya enak di baca.👍

    BalasHapus

Aksi Nyata- Modul 1.4 Pembentukan dan Penerapan Keyakinan Kelas

 A.  Latar Belakang Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter Prof...