Kamis, 26 Mei 2022

1.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 1.1

Reflektif Kritis 

                                                                Sumber: DosenPendidikan.Com

Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran adalah bahwa Pendidikan adalah merupakan suatu usaha untuk memberikan tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki oleh anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Sedangkan Pengajaran adalah merupakan suatu proses pendidikan dalam memberi ilmu untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. 

Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini adalah bahwa pendidikan yang sedang dilaksanakan saat ini belum sepenuhnya sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara dimana pendidik belum memberikan tuntunan sepenuhnya untuk mencapai keselamatan dan kebahagian anak yang setinggi-tingginya. Demikian juga di sekolah saya masih sangat jauh dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. Pendidikan yang dilaksanakan masih belum mengikuti kodrat anak, tetapi malah mengikuti suatu tujuan tertentu yang harus dicapai bersama.

Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru? Belum, karena pada saat melaksanakan pembelajaran di kelas terkadang saya masih menganggap peserta didik memiliki kemampuan yang sama sehingga tagihan yang diberikanpun sama. Saya belum sepenuhnya menjalankan proses pengajaran mengikuti kodrat masing-masing peserta didik.

Harapan dan Ekspektasi saya terkait dengan pembelajaran pada modul ini adalah:

Ø  Harapan yang ingin Saya lihat pada diri Saya sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini adalah apakah saya bisa berubah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan kodrat peserta didik sehingga tercapai kebahagiaan dan keselamatan mereka sebagai seorang manusia serta memiliki kecakapan hidup.

Ø  Yang ingin Saya lihat pada murid-murid Saya setelah mempelajari modul ini adalah mereka senang dan gembira saat proses pembelajaran berlangsung, tanpa ada sedikitpun beban apalagi merasa tertekan sehingga mereka mampu mengekplorasi diri mereka dengan maksimal.

Ø  Dalam modul ini saya sangat berharap benar-benar dapat memahami kerangka pemikiran dan azas pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan dan pembelajaran. Pembelajaran modul ini dapat berjalan dengan aktif sehingga bermunculan ide-ide serta pendapat rekan CGP dalam forum diskusi untuk memecahkan permasalahan yang kurang dipahami. Dengan demikian pembelajaran pada modul ini akan dirasakan sangat banyak memberikan manfaat dalam merubah pola piker serta merubah cara pembelajaran di kelas, sehingga peserta didik akan merasa senang saat mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata- Modul 1.4 Pembentukan dan Penerapan Keyakinan Kelas

 A.  Latar Belakang Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter Prof...