Sabtu, 17 Oktober 2020

JEJAK DIGITAL

 

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 16

Resume Pelatihan 6

Pemateri           : Bambang Purwanto (Mr.Bams)

Moderator        : Aam Nurhasanah

Inspirator         : Om Jay

 

Belajar menulis online kali ini sudah memasuki pertemuan yang ke 6 ( enam ) tanpa terasa tulisan ini juga akan menjadi tulisan yang ke enam yang bakal saya posting di blog. Ya blog yang dibuat secara dadakan karena resume dari pertemuan pertama harus segera diposting. Berbeda dengan kelas belajar menulis lainnya yang menyetor tugas hanya lewat grup whatsapp atau telegram saja, kelas menulis yang dikelola oleh om Jay justru mengumpulkan tugas dengan cara mempostingnya di blog.

Narasumber hebat malam ini yang akan berbagi pengalaman adalah Bapak Bambang Purwanto, S.Kom, Gr yang lebih terkenal dengan nama kerennya Mr Bams.  Berprofesi sebagai seorang guru TIK di SMP Taruna Bakti dan mempunyai segudang kegiatan yang dilakukan Mr Bams diantaranya mendongeng, mengelola blog Wordpress, penggiat literasi dan banyak lagi kegiatan lainnya yang berhubungan dengan dunia tulis menulis secara digital. Materi yang disajikan Mr Bams malam ini lebih fokus kepada bagaimana cara mengelola sebuah blog, materi yang sangat cocok bahkan sangat saya butuhkan karena belum mempunyai kemampuan tentang bagaimana trik mengelola sebuah blog tersebut. Kelas menulis kali ini sangat berbeda dengan kelas menulis lain yang sudah pernah saya ikuti karena dalam kelas ini materi yang disajikan bervariasi dan tidak monoton tentang kepenulisan saja. Keren wuiy…..

Menurut Mr Bams, blog adalah sebagai media bagi kita untuk menuangkan tulisan-tulisan kita, baik berupa pengalaman, pekerjaan, kisah perjalanan hidup, hobby, dan yang lainnya dapat kita tuangkan ke dalam blog. Saat ini banyak sekali aplikasi blog yang beredar di pasaran seperti wordpress, blogspot dan lain-lain. Setiap aplikasi blog tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dalam menggunakannya. Dalam mengelola sebuah blog kita harus mau belajar dengan tekun, rajin berlatih, harus sabar, konsisten, agar mampu menghasilkan sebuah blog yang bagus.

Ada beberapa tips yang dibagikan Mr Bams saat kita memulai menulis di sebuah blog diantaranya adalah:

1.       Jika kita adalah penulis pemula, maka mulailah menulis dari apa yang kita sukai.

2.       Simpan tulisan di word sebelum memposting di blog.

3.       Baru posting tulisan tersebut di blog.

4.       Selalu komitmen atau kuatkan kemauan untuk tetap menulis.

5.  Sering-seringlah membaca postingan di blog yang lain agar bisa memotivasi diri dalam   mengelola blog.

6.     Agar blog kita mudah dikenal maka kita harus rajin memposting tulisan dan men-share di media sosial yang kita miliki.

Namun jika masih terdapat kendala dalam mengelola sebuah blog, maka Mr. Bams menawarkan berbagai cara untuk mengatasinya. Pertama, bisa dengan mengikuti pelatihan yang di buat Mr Bams sendiri, ada yang sifatnya gratis ada pula yang berbayar. Kedua, dengan memanfaatkan youtube kita bisa belajar hal-hal baru untuk mendesain blog pribadi kita, dan yang ketiga bisa dengan banyak mengikuti dan bergabung dengan komunitas penulis. Kesulitan dalam mengelola sebuah blog akan dapat kita atasi jika kita mempunyai kemauan yang kuat untuk terus belajar hingga rasa sulit akan menjadi mudah kita atasi.

Berkaitan tentang kepenulisan Mr Bams menyarankan kepada kita semua agar menulislah dengan ketulusan. Karena menulis bukan hanya bertujuan untuk mengejar pengakuan dari selembar kertas (sertifikat). Tapi jadikanlah menulis sebagai salah satu cara untuk memanjangkan umur kita, tubuh kita boleh saja meninggal akan tetapi tulisan kita bisa dikenang sepanjang zaman.

Dan diakhir pertemuan kali ini Mr Bams berpesan “jadikanlah blog sebagai media tempat menyimpan tulisan”. Teruslah belajar mengelola blog yang disukai dan jangan membandingkan blog yang satu dengan yang lainnya. Pelajari terus blog yang saat ini sedang dipelajari. Terimakasih ilmunya Mr Bams, semoga kedepannya saya dapat mengelola blog dengan baik. Semoga....

2 komentar:

Aksi Nyata- Modul 1.4 Pembentukan dan Penerapan Keyakinan Kelas

 A.  Latar Belakang Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter Prof...