Selasa, 13 Oktober 2020

GURU MULIA KARENA KARYA

 

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 16

Resume Pelatihan 4

Pemateri           : Bapak Hamzah Ramdhani

Moderator        : Ibu Sri Sugiastuti (Bu Kanjeng)

Inspirator         : Om Jay

 


 Melihat flyer yang dibagikan di grup kelas menulis ini saya langsung berdecak kagum “wow nasasumbernya masih muda pasti banyak hal-hal baru yang akan disampaikan”, seperti itulah bisikan dalam hati. Walaupun dalam kondisi sangat lelah karena begitu banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dari pagi sampai menjelang magrib, namun semangat tetap menyala di dada untuk mengikuti pembelajaran di kelas ini. Saat perkenalan sang narasumber muda dengan suaranya yang merdu memperkenalkan diri. Pria kelahiran Morowali, 22 Juni 1986 dan bertugas di  SMP Negeri 2 Bumi Raya, Kabupaten Morowali,  Provinsi Sulawesi Tengah sangat luar biasa. Di usianya yang masih tergolong muda sudah banyak prestasi yang diraihnya, seperti juara 1 guru berprestasi tingkat provinsi Sulawesi Tengah tahun 2017 dan finalis guru berprestasi nasional tahun 2017, Duta Rumah Belajar tahun 2019, Pendamping Guru Penggerak, Instruktur Nasional kegiatan-kegiatan Rumah Belajar, juara 2 inovasi pembelajaran masa pandemi tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020, dan Konten Kreator. Tidak salah ada ungkapan yang menyatakan bahwa guru mulia karena karya, itulah dia sosok Hamzah Ramdani

Seperti dugaan saya sebelumnya malam ini ternyata materi yang diberikan sangatlah berbeda. Pak Hamzah tidak memaparkan tentang berbagai tips agar dapat menghasilkan sebuah tulisan yang bagus dan nyaman untuk dinikmati pembaca. Hanya satu tips saja yang beliau sampaikan bahwa “ketertarikan seseorang untuk membaca tulisan terletak pada paragraf pertama”, karena hal ini akan mempengaruhi sikap  pembaca untuk membaca tulisan-tulisan selanjutnya. Satu tips yang sangat luar biasa yang harus kita pegang erat saat mulai membuat suatu tulisan. Kebanyakan si pembaca akan tergoda pada ungkapan yang ada pada paragraf pertama. Super sekali tips yang diberikannya.

Selanjutnya Pak Hamzah menyampaikan materi yang menantang jiwa mudanya yaitu tentang cara membuat konten media pembelajaran berupa video yang menarik agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Saat pembelajaran tidak dapat lagi dilakukan dengan tatap muka karena kondisi Covid-19 yang sedang melanda tanah air tercinta ini maka istilah barupun muncul untuk pembelajaran yaitu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Seperti tidak ada pilihan inilah pembelajaran yang harus kita jalani sekarang, maka video pembelajaran adalah merupakan salah satu alternatif terbaik dalam pemilihan media pembelajaran saat PJJ.

Agar video yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria pembelajaran dan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan maka Pak Hamzah menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan video pembelajaran tersebut, sebagai berikut:

1.      Analisis KI-KD

2.      Memilih indikator yang akan dibuatkan video pembelajaran

3.      Mengumpulkan aset video

4.      Proses perekaman

5.      Editing video pembelajaran

6.      Review dan revisi

Sebelum memulai membuat video alangkah baiknya kita membuat terlebih dahulu naskah video tersebut lalu dicari aset yang mendukungnya. Naskah video yang baik dapat dibuat dalam bentuk tabel dan diberi keterangan pada kolomnya (scane, audio, visual, narasi, dan durasi). Sementara aset video adalah merupakan objek yang berisi informasi-informasi yang dibutuhkan dalam video. Asset itu sendiri dapat berupa foto, gambar, atau video yang dapat diperoleh dengan cara mencarinya melalui google, freepik.com, dan youtube. Saat membuat video pembelajaran kita tidak perlu dipusingkan dengan aplikasi apa yang mau digunakan karena menurut Pak Hamzah aplikasi video yang terbaik adalah aplikasi apa saja yang dapat kita kuasai dengan baik. Bahkan video yang dibuat melalui gawai pun dapat menghasilkan video pembelajaran yang baik, hal ini justru disarankan beliau untuk para pemula. Untuk menghasilkan video yang baik maka harus diperhatikan letak kekuatan sebuah video dimana kekuatan tersebut terletak pada animasi, backsound, dan pengisi suaranya.

Itulah cara pembuatan video pembelajaran yang disajikan Pak Hamzah, semoga kita dapat menerapkannya dalam pembelajaran agar kita dapat mengikuti jejak beliau menjadi seorang guru yang mengasilkan banyak karya sehingga kita menjadi mulia karenanya.

8 komentar:

  1. Sudah bagus resumenya.. Semangat terus ya

    BalasHapus
  2. Sungguh lengkap resune bunda, salam literasi ...sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam literasi kembali, sukses buat kita semua. Semoga kita bisa mulia karena karya

      Hapus
  3. Mantap resumenya, Bu! Tinggal ditingkatkan lagi pemecahan paragraf biar tidak terlalu panjang sama penulisan kata asing 🙏

    BalasHapus
  4. Wah resume nya lengkap terurai baik👍

    BalasHapus

Aksi Nyata- Modul 1.4 Pembentukan dan Penerapan Keyakinan Kelas

 A.  Latar Belakang Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter Prof...