Kamis, 08 Oktober 2020

 

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 16

Resume Pelatihan 2

 

PRESTASI TAK MEMILIH USIA

 

Hari ini adalah pertemuan kedua di kelas online belajar menulis bersama sang inspirator Om Jay. Kali ini materi akan disampaikan oleh Bapak Mukminin, S.Pd.,M.Pd. seorang guru hebat yang Lahir di Jombang pada tanggal 6 Juli 1965. Materi malam ini dimulai beliau dengan kalimat “Tiada kata terlambat untuk menjadi seorang penulis”. Kalimat ini sungguh menjadi penyemangat bagi saya untuk terus belajar menulis, karena sebaik-baik manusia adalah yang mau berubah diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal dan bermanfaat bagi orang lain. Lewat tulisan kita dapat memberikan perubahan terhadap diri kita sendiri maupun terhadap orang lain yang membaca tulisan kita tersebut, apalagi jika tulisan itu tersaji dengan baik dan apik hingga dapat memberikan motivasi kepada pembacanya.

Dikesempatan kali ini  beliau lebih banyak menceritakan tentang perjalanannya agar bisa menjadi seorang penulis. Sudah puluhan tahun beliau memendam keinginan tersebut bahkan sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama beliau sudah membuat tulisan berupa catatan harian. Keinginan yang kuat itu muncul kembali jelang usia 54 tahun, namun jalan untuk mewujudkannya belum kunjung tampak. Ada pepatah mengatakan "dimana ada kemauan di situ ada jalan". Dan "Manjadda Wajadda' ( siapa yg bersungguh-sungguh pasti berhasil). Kalimat-kalimat inilah yang menjadi penyemangat beliau untuk segera mewujudkan mimpinya.

 Diawali dengan mengikuti kegiatan workshop tentang kepenulisan akhirnya terbitlah karya bersama beliau untuk pertama kalinya. Saat itu beliau dibimbing oleh Bu Emi ( nama lengkapnya Emi Sudarwati  gupres pemenang Inobel 2016 )  dulu muridnya di SMP. Menurut beliau belajar tidak pandang usia dan tak pandang kepada siapa yang mengajar namun kita dapat memetik apa yang diajarkan. Dari sinilah beliau terus belajar dan belajar hingga menghasilkan berbagai karya berupa buku antologi maupun buku solo. Hingga saat ini 7 buku beliau telah  terbit dan semoga bermanfaat di dunia literasi.

Keberhasilannya menjadi seorang penulis tidak membuat beliau menjadi puas untuk mencari ilmu. Beliaupun belajar untuk menjadi seorang penerbit. Karier beliau dalam penerbitan buku diawali saat men share cover bukunya ke  grup-grup menulis yang mendapat respon luar biasa dari anggota grup sehingga mulailah bermunculan satu persatu pesanan dari anggota grup untuk penerbitan dan pencetakan bukunya.

Diakhir pertemuan beliau berpesan kepada peserta kelas online agar menguatkan niat untuk terus menulis bahkan lakukanlah menulis itu setiap hari, lalu cari teman penulis atau mentor/pembimbing yang sudah berpengalaman. Hal ini disarankan beliau terutama untuk penulis pemula. Pertemuan kali ini ditutup dengan tips menulis dan menerbitkan buku dari pemateri hebat ini yaitu N M A T M I :

1. Niat Kuat Nekat

Ingin berubah harus mempunyai niat yang kuat. Dan niat kebaikan yang kuat dapat wujud nyata jika dilakukan dengan kenekatan atau keberanian berbuat.

2.  Mencari Mentor

Ingin wangi berkumpullah dengan penjual winyak wangi. Karena itu kesuksesan akan tidak terarah jika tanpa diikuti dengan pembimbing. Maka carilah pembimbing yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

3.  ATM

Amati            : Amati penulis sukses/mentor, cara dan gaya penulisannya.

Tiru               : Tiru / ikuti apa dan bagaimana yang dilakukan penulis sukses / mentor.

Manut        :  Ikuti semua intruksi yang disarankan mentor,  apa yang dilakukan mentor  sampa jadi penulis sukses dan bagaimana cara menerbitkan buku ke penerbit

4.    4 Istikomah

Beristikoamah untuk selalu menulis setiap hari walaupun 3 paragraf,  satu paragraf, satu puisi, satu kalimat, satu kata-kata.bijak. Istikomah sangat diperlukan dalam menulis karena sedikit kita berbuat tapi istikomah akan lebih tampak hasilnya daripada berbuat banyak tapi tidak istikomah.

Semoga apa yang telah disampaikan beliau dapat memotivasi kita untuk terus menulis dan akhirnya akan menjadi penulis handal seperti beliau. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Semoga bisa terwujud. Aamiiin.

4 komentar:

Aksi Nyata- Modul 1.4 Pembentukan dan Penerapan Keyakinan Kelas

 A.  Latar Belakang Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter Prof...