Senin, 26 Oktober 2020

TRIK MENGUBAH RESUME MENJADI BUKU

 

BELAJAR MENULIS GELOMBANG 16

Resume Pelatihan 10

Pemateri           : Bapak R. Brian Prasetyawan  

Moderator        : Aam Nurhasanah

Inspirator         : Om Jay 

 

 

Semakin lama semakin seru materi yang disajikan di kelas menulis ini. Semuanya memiliki keunikan masing-masing sehingga sangat sayang untuk di lewatkan. Bagaimanapun kondisi fisik setelah seharian beraktivitas, namun pertemuan demi pertemuan ini selalu dinanti-nantikan. Seperti malam ini materi akan disajikan oleh Bapak R. Brian Prasetyawan, beliau akan sharing mengenai dunia menulis yang memang menjadi hobinya serta mengupas tuntas tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyiapkan kumpulan resume untuk menjadi naskah buku.

 Di kelas menulis kali ini memang sangat berbeda dengan kelas menulis lain yang pernah saya ikuti, dimana di kelas ini peserta diwajibkan menuliskan resume materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Resume yang dibuat minimal berjumlah dua puluh resume dari tiga puluh kali pertemuan dan lalu diposting di blog masing-masing peserta. Tujuan dari pengumpulan resume itu nantinya akan digabungkan dan dapat menghasilkan sebuah buku hasil karya solo para peserta di kelas ini.

Jika seluruh resume itu telah terkumpul, lalu bagaimana menyusun kumpulan resume tersebut dalam bentuk format buku?. Nah, menurut Pak Brian untuk format naskah buku tidak ditentukan dari pelatihan belajar menulis ini, tapi menyesuaikan dengan format penerbit yang dipilih oleh para peserta. Karena peserta dibebaskan memilih penerbit sesuai dengan selera dan keinginannya masing-masing. Setiap penerbit mempunyai format settingan sendiri. Jika peserta ingin menerbitkan buku melalui penerbit rekanan Pak Brian, maka berikut adalah langkah-langkahnya:

1.  Resume dari dua puluh tulisan yang telah dibuat digabung dalam satu file microsoft word. Settingan file microsoft word ini harus disesuaikan dengan format penerbit, yaitu:

·         Ukuran kertas A5 (14 x 20 cm)

·         Huruf times new roman, ukuran 12

·         Spasi 1,5

·         Margin 2 cm semua

·         Paragraf rata kiri-kanan (justify)

2.  Masukkan kelengkapan naskah dalam file naskah kumpulan resume. Adapun kelengkapan naskah adalah: cover ( judul buku dan nama penulis saja), kata pengantar, daftar isi (tanpa nomor halaman), profil penulis, dan sinopsis (3 paragraf dengan masing-masing paragraf  hanya 3 kalimat) dengan urutan:

·         Cover

·         Kata Pengantar

·         Daftar Isi

·         Isi naskah

·         Profil Penulis

·         Sinopsis

3.      Semuanya dibuat dalam satu file yang tidak terpisah menjadi beberapa file.

4.   Tidak ada batas minimal jumlah halaman, jadi tidak perlu ragu pada resume yang sudah kita buat.

5.      Besar biaya penerbitan hanya Rp 300.000 dengan fasilitas penerbitan:

·         Desain cover

·         ISBN

·         Layout

·         Edit ringan

·         2 Buku bukti terbit, dan

·         E-Sertifikat

Wow, cukup mengiurkan jika kita menerbitkan buku dengan penerbit rekanan Pak Brian ya, semoga resume yang ditulis ini dapat menghasilkan sebuah buku.

Dalam menulis buku sampai bisa terbit, Pak Brian cukup mengalami perjalanan yang lumayan panjang dimana beliau sebenarnya sudah ngeblog sejak tahun 2009. Namun keinginan untuk membuat buku baru muncul pada akhir 2013 dan ingin menerbitkannya di tahun 2014. Namun karena tidak punya mentor yang membimbing dan semangat beliau yang naik-turun hingga akhirnya vakum. Di akhir tahun 2019 beliau mulai bangkit lagi hingga terbitlah buku pertama beliau di akhir Januari 2020.

Menurut Pak Brian dalam menulis sangat diperlukan motivasi dan percaya diri, dimana motivasi itu akan kita dapatkan jika bergabung dalam komunitas menulis, seperti pelatihan belajar menulis ini. Jika mengharapkan motivasi yang datang dari diri sendiri, biasanya akan mengalami pasang surut, tapi jika bergabung di komunitas menulis maka motivasi tersebut akan terus menerus terpacu karena saling mengingatkan diantara pesertanya. Lalu dalam menulis, tulislah apa yang bisa ditulis dan jangan pernah ragu pada tulisan kita. Karena tulisan yang kita anggap biasa, bisa saja dianggap luar biasa bagi orang lain. Kita tidak perlu memikirkan bahwa menulis itu harus mengikuti aturan-aturan tertentu, hal ini akan dapat menambah kepercayaan diri.

Itulah pembelajaran menulis dan cara merubah resume menjadi sebuah buku ala Pak Brian, tetap semangat untuk menulis hingga menghasilkan sebuah buku.

14 komentar:

  1. Enak sekali membaca resume bu Yasni. Penyajian kalimat-kalimatnya mudah dipahami. Terima kasih sudah membuat resume bu

    BalasHapus
  2. Terimakasih Pak Brian, mohon bimbingan dan arahan nya ya Pak

    BalasHapus
  3. Enak di baca bu, renyah, gurih mirip keripik , sukses bersama

    BalasHapus
  4. Resumenya singkat dan padat. Semangat ya bu...

    BalasHapus
  5. Tampilannya rapi, resumenya bagus bu...

    BalasHapus
  6. Resume bagus, tampilannya keren bu

    BalasHapus
  7. Resumenya mantul...salam literasi tiada henti

    BalasHapus
  8. mantap Bu Yasni, selamat dan semangat

    BalasHapus
  9. Mantab, resumenya singkat padat ...

    BalasHapus

Aksi Nyata- Modul 1.4 Pembentukan dan Penerapan Keyakinan Kelas

 A.  Latar Belakang Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter Prof...